Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 24 November 2012


Sumber

1. Apa itu Vanilla bean? dari mana sih asal ya?Vanilla beans sebenar nya adalah buah/kacang dari tanaman jenis anggrek tropis,yang di sebut Vanilla Planifolia. Dari Semua jenis anggrek, hanya anggrek ini yang bisa berbuah untuk di makan. Buah nya berbentuk seperti kacang polong. Setelah di panen, dan melalui proses pengeringan, vanilla bean baru bisa di konsumsi. Vanilla bean hanya tumbuh di daerah tropis, beberapa negara yang terkenal dengan vanilla bean ialah, Madagaskar,Uganda, Tahiti, mexico dan india.

2. Vanilla Bean ada berapa kategori sih?
Vanilla Bean terdiri dari 3 jenis Grade, Grade A,B,C,
Grade A Memiliki warna yang lebih coklat ke hitaman dan tidak ada bekas kerusakan ato goresan. Grade B & C, kualitas nya lebih rendah akan tetapi masi cukup untuk berbagai keperluan. Ukuran menjadi hal yang penting dalam menentukan kualitas vanilla bean, semakin panjang buah nya semakin bagus kualitas nya.Buah yang panjang mengandung jumlah biji/isi yang lebih banyak dari pada Grade B & C, akan tetapi semua grade memiliki rasa dan wangi yang sama. Semakin banyak nya isi/biji dalam vanilla bean yang menjadikan harga nya lebih mahal dan juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan Vanilla bean yang ukuran nya 19cm.


3. Bagaimana cara menggunakan vanilla bean?
Semua bagian dari vanilla bean bisa digunakan, termasuk kulit dan isi. Sayat vanilla dari Atas kebawah, setelah itu keluarkan isi nya. Isi nya ini yang biasa di pakai dalam membuat kueh dan minuman. Penggunaan nya sama dengan vanilla bean botolan,Jumlah nya sesuai dengan kebutuhan, dengan perbandingan:

1 vanilla bean = 1 Sdm Bubuk Vanilla Tulen.
1 vanilla bean = 3 Sdt Vanilla Extrak
1 inch vanilla bean = 1 Sdt Vanilla Extrak

Sisa kulit bisa di pakai dalam membuat vanilla sugar, tinggal masukan kulit nya ke dalam container sugar, dan biar kan selama 2 minggu. setelah itu anda buka, gula nya akan beraroma vanilla.

4.Bagaimana cara menyimpan vanilla bean agar tahan lama?
Selalu Simpan vanilla bean ke container kaca ato plastik yang vacum udaara. jauh dari sinar matahari langsung, dan di bawah temperatur ruangan normal, dengan begini, vanilla bean bisa tahan hingga 1 tahun. Jangan simpan vanilla bean di dalam kulkas atau freezer, ini akan menyebabkan vanilla bean basah dan berjamur., jika ada vanilla yang berjamur, segera buang vanilla tersebut, agar tidak menyebar ke vanilla lain nya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MYVANILLABEANS - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -