Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 24 November 2012

Nilai tambah terbesar dalam agroindustri vanili adalah pengolahan dan pengeringan sampai menjadi buah vanili kering. Sebab peningkatan harganya bisa mencapai enam setengah kali lipat dari harga vanili segar. Dengan asumsi harga vanili segar (kadar air 80%) per kg. Rp 25.000,- dan harga vanili kering (kadar air 35%) Rp 300.000,- maka tiap kg. vanili segar akan menjadi sekitar 4,3 ons vanili kering. Biaya pemeraman dan pemrosesan vanili segar sampai menjadi vanili kering tiap kilogramnya pasti hanya sebatas puluhan ribu rupiah. Hingga nilai tambah yang akan diperoleh para petani dari agroindustri pengeringan vanili, akan sangat tinggi.
Buah vanili dipenen pada umur 8 sd. 9 bulan semenjak penyerbukan. Rentang umur panen ini terjadi akibat intensitas sinar matahari. Apabila intensitas sinar matahari tinggi (cuaca lebih banyak cerah, tidak mendung), maka vanili akan masak pada umur 8 bulan. Tetapi apabila udara lebih banyak mendung, maka vanili baru akan masak pada umur 9 bulan. Rentang usia panen ini juga sangat tergantung dari ketinggian lokasi penanaman. Di dataran rendah (0 m. dpl), umur panen vanili lebih pendek dibanding tanaman yang dibudidayakan di dataran tinggi (1.000 m. dpl).
Tingkat ketuaan buah vanili dalam satu tandan, tidak pernah sama. Sebab saat mekar bunga dalam satu tandan juga tidak pernah bersamaan. Karenanya, pemanenan buah vanili dalam satu tandan, tidak boleh dilakukan sekaligus. Hanya buah yang telah benar-benar tua yang dipotong dari tandan, dengan menggunakan gunting tanaman atau pisau tajam. Tanda buah telah tua adalah, warna kulit buah berubah dari hijau tua ke hijau kekuningan. Ujung buah telah tampak merekah, namun keseluruhan buah belum pecah. Buah pada fase inilah yang akan menghasilkan vanili kering kualitas terbaik.
Setelah dipanen, polong buah segera dicuci sampai bersih dan digrade sesuai dengan diameter serta panjangnya. Grading ini penting dilakukan agar proses pelayuan dengan pencelupan dalam air panas bisa tepat waktu. Sesuai dengan diameter dan panjangnya, buah dibedakan menjadi ukuran kecil, sedang dan besar. Dalam proses pelayuan, buah vanili dicelupkan ke dalam air panas bersuhu 65° C. Lama pencelupan sesuai dengan grade buah. Buah kecil cukup dicelupkan selama 1,5 menit. Buah ukuran sedang dicelup 2 menit dan buah ukuran besar bisa mencapai 2,5 menit. Setelah pencelupan, buah ditiriskan sebelum difermentasi.
Fermentasi buah vanili dilakukan dalam wadah berupa kotak. Kotak fermentasi terbuat dari kayu atau triplek. Dinding kotak dibuat dua lapis dengan bagian tengahnya diisi stereofoam, sekam, serbuk gergaji, serbuk sabut dll. sebagai isolasi panas. Bagian dalam kotak diberi lapisan kain yang terbuat dari katun asli (bukan bahan rayon/sintetis). Sebelum dimasukkan ke dalam kotak fermentasi, buah vanili terlebih dahulu dijemur di panas matahari dengan diberi tutup kain hitam sekitar tiga jam. Penjemuran ini bermanfaat untuk meningkatkan suhu buah vanili hingga mencapai 38° sd. 40° C.
Pertama-tama kotak fermentasi diberi kain katun yang cukup tebal namun lunak (kain flanel, selimut loreng atau handuk). Setelah itu, buah vanili yang sudah dijemur selama 3 jam dan mencapai suhu 40° C ditata sejajar dan dibungkus kain hitam. Bungkusan buah vanili itu lalu dimasukkan ke dalam kotak. Agar kotak terisi secara optimal, buah vanili yang telah tersusun dengan posisi sejajar dan terbungkus kain hitam itu ditata lagi sampai kotak penuh. Fermentasi dilakukan selama sehari semalam (24 jam). Suhu dalam kotak harus tetap stabil antara 38° sd. 40° C. Fermentasi bertujuan untuk mengaktifkan enzime hingga terbentuk zat vanilin yang beraroma harum dalam polong buah.
Polong vanili yang berhasil difermentasi secara benar, kulitnya akan berubah menjadi kecokelatan dan berminyak. Dari kotak fermentasi, buah vanili dijemur di atas tampah atau rak bambu (widhig) yang telah diberi alas kain katun hitam. Penjemuran dilakukan selama 2 sd. 3 jam dengan pembalikan sebanyak 3 sd. 4 kali. Setelah itu, hamparan buah vanili ditutup dengan kain katun hitam. Penjemuran dengan tutup kain hitam ini dilanjutkan terus sampai sore hari. Pada sore harinya, polong buah ini digulung berikut alas dan tutup kainnya, lalu kembali dimasukkan ke dalam kotak fermentasi. Proses ini dilakukan selama 3 sd. 4 hari hingga kadar air buah turun dari 80% menjadi 50 sd. 60%.
Selama proses ini, buah vanili tetap harus diperiksa satu per satu. Apabila ada buah yang tercemar cendawan atau bekteri karena kulitnya terluka waktu pemetikan misalnya, maka buah yang cacat dan berjamur/berbekteri itu harus segera dipisahkan. Demikian pula kalau ada kotoran yang terikut harus dibuang. Dalam proses penjemuran dan pemeraman ini, aroma vanilin akan tercium dengan sangat tajam. Kulit polong akan tampak semakin gelap dan mengarah ke warna hitam. Lapisan minyak pada kulit juga makin banyak. Kulit buah tampak mulai berkerut dan buah yang dulu segar dan kaku menjadi lunak dan lentur.
Agar aroma vanilin tidak banyak yang terbuang menguap di udara, maka penjemuran dihentikan ketika kadar air telah mencapai 50 sd. 60%. Selanjutnya vanili dikering anginkan. Caranya, polong vanili disusun dalam tampah atau rak pengering yang tetap diberi alas kain hitam namun tidak perlu ditutup. Tampah atau rak bambu ditaruh dalam ruangan yang berventilasi baik, kering dan berudara sejuk. Pengeringainan secara alami ini akan berlangsung selama 1 sd. 1,5 bulan. Selama jangka waktu itu, buah vanili tetap harus dibalik-balik sambil diperiksa kalau ada yang rusak. Pengeringanginan dihentikan ketika kadar air buah tinggal 35 sd. 38%.
Proses pengeringan lanjutan ini, sebenarnya bisa lebih dipersingkat menjadi hanya 10 hari dengan bantuan alat pengering (dryer). Baik dryer berenergi listrik, minyak, batubara maupun kayu bakar. Dryer akan membantu meningkatkan suhu ruangan menjadi 50° C. dan cukup dioperasikan selama 3 jam setiap harinya, selanjutnya pengeringan secara alami. Selain bisa mempersingkat waktu pengeringan, dryer juga bisa membantu meningkatkan kualitas buah vanili menjadi lebih baik dibanding dengan pengeringangian secara biasa.
Setelah dilakukan pengeringanginan, vanili diikat dengan dua tali rafia atau bahan lain. Satu ikatan terdiri dari 50 atau 100 polong kering. Ikatan polong ini dibungkus kertas minyak atau kertas parafin dan dimasukkan ke kotak penyimpanan. Kotak ini juga harus terlebih dahulu diberi alas dan dilapis kertas minyak. Kotak penyimpanan lalu ditutup dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Secara periodik, ikatan vanili dibongkar dan diperiksa kalau ada yang berjamur. Polong yang berjamur segera dilap dengan kapas yang telah dicelup alkohol 70%. Proses ini dilakukan selama 2 sd. 3 bulan hingga diperoleh vanili kering kualitas baik.
Standar mutu vanili untuk perdagangan internasional telah ditetapkan oleh International Standard Organization (ISO) dan Dewan Standardisasi Nasional. Selama ini pasar AS, lebih menyukai vanili dengan kadar air antara 20 sd. 25%. Sementara pasar Eropa cenderung memilih vanili dengan kadar air antara 30 sd. 35%. Standar mutu ini baru bisa dipenuhi apabila proses budidaya, panen dan pasca panennya dilakukan dengan benar. Kelemahan vanili Indonesia hingga sering ditolak di pasar internasional adalah, polong dipetik terlalu muda dan proses pelayuan serta pengeringannya tidak dilakukan dengan benar.
Selain dipasarkan dalam bentuk buah kering, vanili juga bisa diolah menjadi oleoresin. Yang dimaksud sebagai oleoresin adalah larutan pekat berwarna gelap dengan aroma yang beberapa kali lebih kuat dari aroma polong vanili. Cara pembuatan oleoresin adalah dengan menghancurkan (merajang) buah vanili kering berkadar air 30 sd. 35%. Bahan yang telah hancur ini dicampur dengan pelarut berupa etanol, alkohol, propanol dll. Pelarutan dilakukan selama 12 sd. 24 jam sambil terus-menerus diaduk. Selain dengan cara menyatukan bahan dengan pelarut, bisa juga proses ini dilakukan dengan mengalirkan pelarut ke bahan dalam perkolator.
Bahan yang telah tercampur dengan pelarut ini, selanjutnya disaring hingga diperoleh ampas dan filtrat. Filtrat adalah oleoresin yang masih tercampur dalam pelarut. Tahap berikutnya adalah menguapkan pelarut dalam suhu rendah. Hasilnya adalah oleoresin vanili. Oleoresin ini, masih bisa diproses lebih lanjut menjadi tincture dan vanilin absolute. Namun proses ini jauh lebih rumit dibanding dengan pengolahan polong vanili kering menjadi oleoresin. Dalam kehidupan sehari-hari, aroma vanilin digunakan untuk pewangi makanan dan minuman, farmasi, kosmetika dan parfum.
Industri makanan dan minuman, umumnya menggunakan ekstrak vanilin. Industri farmasi menggunakannya dalam bentuk tincture sementara untuk parfum berupa tincture dan absolute. Sebenarnya teknologi modern sudah berhasil membuat vanilin sintetis dari bahan baku eugenol (minyak daun cengkih), dengan cara mengubah jumlah dan bentuk rantai karbonnya. Namun konsumen dan kalangan industri tetap lebih menyukai aroma vanilin asli dari polong buah vanili. Itulah sebabnya apabila pasokan kurang, maka harga buah vanili kering akan melambung sampai mencapai jutaan rupiah per kg

{ 43 komentar... read them below or Comment }

  1. postingan yg bagus....
    kalo ada yg mau jual vanilli beans ataupun mau membeli vanilli beans
    dengan senang hati saya akan melayani...

    salam sukses

    gerry permana

    wa 087808090917
    081310343413

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andalan bos informasinya bagus👍

      Hapus
    2. Makasih informasinya...

      Hapus
    3. Malam bos saya punya Vaneli 2,8 kg barang kali mau
      Saya mau jual
      Wa/call 085320731644

      Hapus
  2. benar-benar bermanfaat bos....tapi sepertinya lumayan rumit pengerjaan pasca panennya itu, kebanyakan malas untuk mengerjakan hal tersebut, karena rumit dan panjangnya proses pengerjaan tersebut.mungkin kedepannya mudah2an ada teknologi yang bisa mempersingkat proses pasa panen tersebut. terima kasih banyak atas informasinya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stl sy bc,pasca panen diatas bgt rumit tp sy tdk putu
      s asa melanjutkan umur 7bln stl tanam




      Hapus
    2. Stl sy bc,pasca panen diatas bgt rumit tp sy tdk putu
      s asa melanjutkan umur 7bln stl tanam




      Hapus
  3. dear
    yth bapak/ibu sekalian

    dengan hormat ,

    kami dari PT PUTRA JAYA PERSADA ...membeli vanili planifolia dengan kadar air max 10-15% , silahkan masukkan penawaran dan kirim sample ke :
    JL KASTURI NO 21 ,JAKARTA 11430

    hormat saya ,

    Winata Wijaya - 085839321011

    BalasHapus
  4. Alhamdulillaah.. Jazakallah khoiiron katsiiroon.. Benar2 kupas tuntas... Ijin copas yaa akhi...

    BalasHapus
  5. Siapa tahu daerah sulawesi ada yg cari bibit Vanili. Kami ada bibitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulawesi mana gan? Sy rencana mau tanam vanili di mamuju, trmksh,pak nyoman,081338162600

      Hapus
    2. Dimana almt di sulawesi? Bibit vanili setek ya? Kl setek brapa harga/m ? Trims

      Hapus
    3. Bagi yang membutuhkan bibit vanili Planifolia, saya menyediakan bibitnya mulai dari kemasan polybag atau lonjoran Area jawa dan bali. Via Wa(081226326795)

      Hapus
    4. Bagi penjual bibit vanili Wil. Sulawesi, khususnya Sulawesi barat bisa hub saya. 085255357222 sy butuh bibit ?

      Hapus
  6. Bagi yang membutuhkan bibit vanili bisa hubungi
    085 645 747 515 + Wa

    BalasHapus
  7. Dicari uang asing jumlah brut/lak yang on dan of seperti.Idr,kina,jertim,dollar,ringgit,dinar irak,ubcn dll ..

    Juga jual vanili jumlah banyak.
    Cari SM tombol atau selendang wilayah jawa timur dan jawa tengah asalkan putus paku,kedap dan anti magnet..hub.0895-2154-9740.wa..antok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekan sy punya uang KINA 2008, pecahan 100 sebanyak 4000 brut harga 1500/1kina, posisi barang di Jakarta. Mekanisme
      1. Sanggup menyelesaikan minimal 100 brut untuk transaksi awal. Sekanjutnya kontrak.
      2. Mengirim surat minat dgn melampirkan KTP dan bukti dana.
      3. Lain lain dibicarakan saat pertemuan dan tanda tangan MOU.

      Hapus
  8. Dicari uang asing jumlah brut/lak yang on dan of seperti.Idr,kina,jertim,dollar,ringgit,dinar irak,ubcn dll ..

    Juga jual vanili jumlah banyak.
    Cari SM tombol atau selendang wilayah jawa timur dan jawa tengah asalkan putus paku,kedap dan anti magnet..hub.0895-2154-9740.wa..antok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang di dunia uka-uka...siap2 sanak keluarga di berikan asuransi dulu gan

      Hapus
  9. Keren dan bermanfaat,👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  10. Yg butuh minyak nilam,serai,cengkeh hubungi kami di 081338162600, trmksh

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Dicari vanili plani allgrade,khusus n gourmet. Bagi yg serius silahkan hub lwt WA/tlpn/sms ke : 0812 8207 4568. Tks, Bachri

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro ada plani sekitar 200 kg harga 5,5 juta...qualitas oke.

      Hapus
    2. Bosku...kalo minat plani kering sekitar 260 kg harga 5 jt/kilo area makassar
      Hub : 081523919976 WA

      Hapus
  13. Jg tahiti allgrade,khusus n gourmet. Bagi yg serius silahkan hub ke : 0812 8207 4568. Tks,Bachri

    BalasHapus
  14. Jual Kambing silangan Alpine france fullblood dengan Saanen fullblood. Kambing langka mempunyai nilai bisnis penghobi dan ekonomis tinggikarena di indonesia masih langka. Tinggi dan bobot kambing diatas rata - rata kambing lokal. Hubungi Bpk Heru "BEJO UTOMO FARM" MALANG - JAWA TIMUR. HP/WA 081334272800 blog saya di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Yang butuh bibit vanili dan bibit tanaman lainnya di Sumut, Riau dan Aceh, bisa chat wa ke 081370008997. Trims.

    BalasHapus
  16. Bagi yang membutuhkan bibit vanili Planifolia, saya menyediakan bibitnya mulai dari kemasan polybag atau lonjoran Area jawa dan bali. Via Wa(081226326795)

    BalasHapus
  17. Mau tnya.. selama proses kering angin apa tiap sore vanilinya perlu di masukkan ke kotak fermentasi lagi..
    Trimaksih..

    BalasHapus
  18. Slmat mlam,bgi rkan2 jka ada yg mmbutuhkan tw mw beli vanili planifolia,saya ad barangx kualitas super,bgi yg serius mmbutuhkan langsung az japri WA 083845486420

    BalasHapus
  19. ulasan yg sangat menarik saya suka..
    Thks

    BalasHapus
  20. Sy dari sulawesi pux stok panili kurang lebih 60 kg yg minat hub.085241045420

    BalasHapus
  21. Saya butuh Vanilli bubuk 085100220793

    BalasHapus
  22. Kami menyediakan kebun vanili dengan investasi hanya 40 juta rupiah Anda sudah mendapatkan:

    1. Lahan kebun vanili 100 m² dan status tanah SHM atas nama Anda
    2. Pohon vanili 200 pohon (kurang lebih 2 thn sudah bisa panen perdana)
    3. Anda tidak perlu repot-repot dgn kebun Anda karena kami yang mengelola dan merawat dengan pola bagi hasil.
    4. Jaminan hasil penen dibeli dengan berdasarkan harga pasar, harga buah vanili kering berkisar 3 sd 7 juta rupiah per kg.
    5. Lokasi di Bogor dgn view pemandangan yg cantik dan akses sangat mudah.

    Anda tertarik dan butuh info lebih lanjut hub klik dibawah ini.

    https://wa.me/6285716970073

    PT. Hibar Buana Jaya

    BalasHapus
  23. Malem sya jual vanili basah,kering,dan bibit vanili meteran 1 meter 9rb rupiah
    Kami jg bantu untuk pendampingangan pemeliharaan,

    Bagi pembeli yg brani bersaing kami punya vanili dgn kwalitas vanilli baik di bali varian planifolia kadar air disesuikan dgn kebutuhan dan panjang kami sesuikan dgn kebutuhan...silahkan wa 087846140160 email monikasari2929@gmail.com

    BalasHapus

- Copyright © MYVANILLABEANS - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -